DASAR-DASAR PEMROGRAMAN DELPHI


I.    DELPHI ADALAH BAGIAN DARI PASCAL

Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman yang bersipat Objek (Object Oriented Programming) artinya adalah sebuah program yang mempunyai objek-objek tertentu dalam pemrograman nya. Selain itu Delphi adalah sebuah program yang bersifat visual artinya mempunyai tampilan grafik-grafik yang mudah dimengerti oleh pemula sekalipun (Graphical user Interface). Dengan Delphi Anda bisa membuat program-program dengan tampilan yang menawan, Delphi hanya bisa bekerja di bawah System Microsoft Windows sedangkan untuk system yang lain seperti Linux atau Unix Delphi mempunyai saudara kembarnya yang bisa bekerja pada system tersebut yaitu KYLIX.

Syntax-syntax Delphi di adopsi dari bahasa Pascal, untuk itu di dalam tutorial Dasar-dasar Delphi ini saya akan mengajak Anda ke masa lalu dimana pemrograman komputer saat itu masih menggunakan system 16 BIT yaitu Bahasa PASCAL sebelum Anda dibawa untuk mempelajari Pemrograman Delphi. Bila Anda sudah bisa bahasa PASCAL Anda dapat melewati pengantar mengenai bahasa Pascal ini.

Mengapa saya membawa Anda terlebih dahulu ke Bahasa Pascal tidak langsung ke Delphi ?, Dengan mengenal dasar-dasar bahasa pascal, Anda akan mudah untuk mempelajari pemrograman Delphi sebab semua syntax yang ada dalam pascal sama dengan syntax bahasa delphi, tetapi syntax dalam delphi tidak bisa diadopsi ke pascal karena itulah dalam pengantar ini saya beri judul Delphi adalah pascal tapi pascal bukan delphi.

II.     Pengantar Bahasa Pascal

Instalasi PASCAL

Oke kita langsung saja pada materi pertama kita yaitu pengenalan bahasa pascal agar Anda mudah dalam mengikuti pemrograman bahasa Delphi berikutnya. Bila Anda kesulitan mencari program Bahasa Pascal versi 5, Anda dapat mendownloadnya disini. ( Download Pascal). Tapi saya memperingati kepada Anda bahwa program Pascal ini tidak boleh disebar-luaskan lagi kepada Umum sebab saya tidak punya lisensi untuk menyebarluaskan program ini. Dan juga Anda tidak boleh mengkomersialkan program ini, sebab program Pascal yang saya sediakan disini hanya untuk mempelajari program tersebut.

Setelah Anda Download exstract file pascal.zip dengan menggunakan winrar (Program Winrar Dapat di Download dari pilar kanan situs ini) atau winzip. Setelah itu klik dua kali file turbo.exe pada folder tersebut, maka program turbo pascal 5.5 sudah bisa Anda jalankan, bila ingin program Turbo Pascal yang lebih lengkap ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Bila Komputer Anda belum terinstall winrar atau winzip installah program tersebut, program winrar dapat Anda download melalui link yang ada di pilar kanan situs ini.
  2. Pindahkan file pascal.zip ke Drive C: jangan didalam folder lagi agar mudah untuk memanggilnya melalui Command Prompt.
  3. Bila Winrar sudah terinstall, klik kanan file pascal.zip lalu pilih extract to pascal.
  4. Jalankan Command Prompt dari windows Anda, klik start run lalu ketik command klik ok maka command Prompt akan ditampilkan. Setelah itu ketik CD\ dan ketik C: maka drive yang aktif saat ini di command prompt adalah drive C.
  5. Setelah itu ketik CD PASCAL lalu tekan enter, maka sekarang Anda berada di drive C: pada folder pascal yang telah Anda extract tersebut. Kemudian Ketik Install lalu tekan enter. maka proses instalasi TURBO PASCAL 5.5 akan berlangsung. Ikuti saja petunjuk instalasi pascal yang ada di proses instalasi. Folder default instalasi pascal adalah TP.
  6. setelah instalasi pascal selesai keluar lah dahulu dari program pascal, kembali ke command prompt. Pada command prompt ketik lagi CD\pascal maka Anda akan kembali lagi ke folder pascal, setelah berada di folder pascal extract beberapa file yang berekstensi ARC ke folder TP, Sebelumnya ketik perintah DIR *.ARC maka semua file yang berekstensi ARC akan ditampilkan, catat nama file-file tersebut. Ada beberapa file ARC yang ada di folder pascal ini yaitu : BGI.ARC, DEMOS.ARC, DOC.ARC, HELP.ARC, OOPDEMOS.ARC, TCALC.ARC, TOUR.ARC, TURBO3.ARC, dan UTILS.ARC. File tersebut hanya bisa di extract oleh file UNPACK.COM yang berada di folder pascal. cara mengekstract nya sebagai berikut :

Buat folder pada direktori TP sesuai dengan nama-nama file arc yang akan diextract contoh : Anda akan mengekstract file DEMOS.ARC, maka buatlah direktori di folder TP dengan nama DEMOS. Masuk ke folder TP — ketik CD\TP lalu ketik MD DEMOS maka folder dengan nama DEMOS akan terbentuk di folder TP. Setelah terbentuk folder DEMOS sekarang Anda beralih lagi ke folder PASCAL dengan mengetik CD\PASCAL, di folder PASCAL ketik perintah berikut UNPACK DEMOS C:\TP\DEMOS lalu tekan Enter. Maka file DEMOS.ARC akan di extract ke folder DEMOS yang berada di dalam folder TP. Lakukan hal yang sama pada file ARC yang lainnya.
Tampilan PASCAL versi 5.5

Memulai PASCAL

Pada bahasa pascal Anda akan bermain dengan KEYBOARD bukan MOUSE, jadi untuk sementara lupakan fasilitas GUI yang dimanjakan oleh WINDOWS. sebab kita kembali ke tahun 80-an dimana PASCAL menjadi suatu bahasa Pemrograman pavorite dikalangan SCIENTIEST saat itu. Tombol keyboard yang paling pokok untuk mengakses program PASCAL adalah tombol : alt, esc, ctrl, F1 — F12, ENTER, serta tombol anak panah. jadi bila salah satu tombol tersebut ada yang tidak berfungsi sebaiknya lupakan saja belajar pascal ini sampai Anda mengganti keyboard Anda dengan yang baru.

Untuk memulai pascal dari windows Anda dapat mengklik dua kali file TURBO.EXE, sedangkan bila melalui COMMAND PROMPT Anda dapat mengetikan perintah TURBO lalu tekan ENTER maka program PASCAL akan diload seperti gambar diatas. Tekan tombol ESC maka Program utama TURBO PASCAL akan di tampilkan, dari sini KEYBOARD menjadi senjata Anda untuk mengakses menu-menu yang ada di program utama PASCAL. Untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan Keyboard pada pascal Anda dapat menekan tombol F1 yang akan memunculkan fasilitas HELP pada Pascal.

Untuk mengakses menu dari program pascal Anda gunakan tombol ALT di ikuti dengan Huruf pertama yang berwarna merah, contoh Anda akan mengakses menu File maka Anda dapat mengaksesnya dengan menekan tombol ALT dan huruf F. sekarang tekanlah tombol ALT+E, maka Anda berada pada mode editor, dan PASCAL siap untuk menerima perintah-perintah Program Anda. Sebagai perkenalan coba Anda ketikan program dibawah ini di editor PASCAL.

{ Program   : Input dari keyboard dan Menghitung operasi matematika }
{ Create by : Komarudin_surya@suryatekno }

uses Crt;
var
x,y,z    :  longint;
lagi     :  char;
namak    :  string[20];

begin
lagi  :=  'y';
 while (lagi  =  'y') or (lagi  =  'Y') do
 begin
 clrscr;
   write('Siapa Nama Anda..?');  ReadLn(namak);
   writeLn;
   write('Hallo ',namak,', Coba kamu');
   WriteLn(' masukan nilai x,y dan z ');
   writeLn('pada operasi matematika ini.');
   writeLn;
   writeLn('Operasi matematika X^2 + y^2 + z =..... ');
   write('masukan nilai x..= '); ReadLn(x);
   write('masukan nilai y..= '); ReadLn(y);
   write('masukan nilai z..= '); ReadLn(z);
   writeLn;
   writeLn('nilai operasi x^2 + y^2 + z adalah : ',x*x+y*y+z);
   writeLn;
   write('Mau hitung lagi apa tidak (y/t), ',namak,' ? ');
  readLn(lagi);
 end;
end.

Menu Editor Pascal

Setelah Anda ketik kode-kode program tersebut simpanlah file tersebut dengan nama testprog.pas, kemudian tekan tombol CTRL+F9 untuk melihat hasil program yang Anda ketik tersebut.

Siapa Nama Anda…? _

Masukanlah Sembarang Nama, misalkan nama yang anda masukan adalah IPOEL, maka selanjutnya akan ditampilkan kalimat seperti dibawah ini :

Siapa Nama Anda…? IPOEL Hallo IPOEL, Coba kamu masukan nila x,y, dan z
pada operasi matematika dibawah ini.Operasi matematika x^2 + y^2 + z adalah = ……
masukan nilai x..= _

Sekarang Program meminta anda untuk memasukan nilai operasi untuk x kemudian y dan z , setelah itu program akan menampilkan hasil operasi matematika itu dan menanyakan lagi pada anda, apakah akan menghitung lagi atau tidak, bila anda memasukan huruf t maka program akan dihentikan sedangkan bila anda memasukan huruf y program akan diulang lagi.

Siapa Nama Anda…? IPOEL Hallo IPOEL, Coba kamu masukan nila x,y, dan z
pada operasi matematika dibawah ini.Operasi matematika x^2 + y^2 + z adalah = ……
masukan nilai x..= 5
masukan nilai y..= 5
masukan nilai z..= 5

nilai operasi x^2 + y^2 + z adalah : 55

Mau hitung lagi apa tidak (y/t), IPOEL ? _

Dari contoh program pengenalan diatas, Anda dapat melihat dalam program sederhana tersebut terdapat beberapa atribut, variabel, serta beberapa statemen. sekarang mari kita uraikan program sederhana tersebut berdasarkan kelompok-kelompok.

{ Program : Input dari keyboard dan
Menghitung operasi matematika }
Pada bagian ini merupakan suatu KOMENTAR yang tidak diproses oleh program, bagian komentar ini diperlukan untuk keperluan Dokumentasi agar program dapat diketahui maksud dan tujuannya serta bila kita suatu waktu akan menambahkan atau merubah program maka kita dapat dengan cepat mengetahui lokasi dari bagian program yang perlu kita tambahkan atau dirubah. Untuk memberikan komentar dalam pascal diberikan tanda { dan } atau (* dan *), jadi apapun yang dituliskan didalam kurung tersebut tidak akan diproses oleh program.

uses Crt;

perintah ini merupakan suatu UNIT, Unit mempunyai beberapa prosedur dan jenisnya. UNIT dalam Pascal harus disertakan untuk mengaktifkan prosedur-prosedur yang akan diprogram. Sedangkan Prosedur didalam Pascal dapat berbentuk prosedur yang didefinisikan atau dibuat sendiri oleh pemakai atau prosedur yang telah disediakan oleh Pascal. Prosedur yang didefinisikan sendiri oleh pemakai harus dideklarasikan terlebih dahulu.

Unit-unit dalam PASCAL 5.5 ada tujuh buah unit standar, ketujuh unit tersebut disimpan dalam file yang bernama TURBO.TPL. Unit-unit tersebut yaitu :

  1. UNIT System — Unit ini merupakan sebuah runtime Turbo Pascal yang mendukung semua proses yang dibutuhkan pada waktu runtime (eksekusi program). Anda akan menemui pesan error seperti ini “RUNTIME ERROR” bila Anda salah dalam memanipulasi system yang diprogramkan. Unit ini Otomatis ditambahkan oleh Pascal walau Anda tidak mencantumkan nya sewaktu meng-Compile.
  2. UNIT CRT — Unit ini digunakan untuk keperluan program dalam memanipulasi layar, dalam hal ini bisa berupa manipulasi TEKS, KURSOR, KODE EXTENDED KEYBOARD dll.
  3. UNIT Printer — Sesuai dengan namanya maka unit ini tentu saja digunakan dalam program yang berhubungan dengan printer, misalkan kita akan mencetak suatu program ke printer maka unit ini harus digunakan untuk mengaktifkan printer. Printer yang bisa didukung hanya printer jenis LPT dan COM, sedangkan printer jenis USB tidak bisa diakses karena pada waktu itu belum ada printer yang berjenis USB, kecuali printer tersebut menyediakan DRIVER untuk DOS kemungkinan printer USB bisa digunakan oleh PASCAL 5.5 ini.

Contoh program yang menggunakan unit printer :

(* Program Pencetakan Printer, Catatan dlm Pascal 5.0 keatas harus ditambahkan kata Lst *)

Uses Printer;
Begin
WriteLn(Lst,’Saya sedang mencoba Printer.’);
WriteLn(Lst,’Create By : Suryatekno©2008′);
WriteLn(Lst,’============================’);
End.

  1. UNIT DOS — Unit ini digunakan bila anda akan mengaktifkan prosedur-prosedur yang ada dalam DOS seperti DosVersion, GetTime, SetTime, DiskSize, DiskFree, Call, Dir, Path, Copy dan sebagainya.

Contoh program yang menggunakan unit DOS :

(* Program melihat versi DOS dan sisa Disk,
Create By : Suryatekno *)

Uses DOS,CRT;
var ukuran : longint;
Begin
ukuran := DiskFree(0);
ClrScr;
WriteLn(‘Versi DOS yang Anda gunakan adalah : MS-DOS ‘,DosVersion);
WriteLn(‘Sisa Kapasitas Harddisk Anda : ‘,ukuran,’ Bytes’);
WriteLn;
WriteLn(‘Tekan tombol apa saja untuk keluar’);
ReadLn;
End.

  1. UNIT Graph — Unit ini digunakan untuk menampilkan grafik seperti Tabel, Chart Statistik dan sebagainya. Biasanya Unit ini digunakan bila kita ingin menampilkan suatu grafik seperti pada MS-EXCEL. Bisa juga digunakan untuk membuat animasi, Game dan sebagainya.

{ Program menampilkan Grafik Bar,
Create By : Suryatekno 2008 }

Uses Graph;
var
Driver,Model : integer;
I : integer;
Begin
Driver := VGA;
Model := VGAHi;
InitGraph(Driver, Model, ‘ ‘);

Line(20,25,20,155);
Line(20,155,200,155);

Randomize;
for I := 0 to 4 do
Bar3D(30+I*35, 154-Random(100),55+I*35,154,15,TopOn);
WriteLn;
WriteLn(‘Tekan Sembarang Tombol untuk Keluar’);
ReadLn;
End.

  1. UNIT Turbo3 — Unit ini digunakan pada pascal 3.0 sedangkan untuk pascal versi 4.0 keatas unit ini sudah tidak digunakan lagi atau tidak difungsikan. Kegunaannya adalah sewaktu anda meng-upgrade dari pascal versi 3.0 ke 4.0 atau 5.0 , Untuk latihan kita sekarang unit ini tidak kita gunakan saja.
  2. UNIT Graph3 — Unit ini digunakan untuk meng-konversi grafik yang dibuat oleh pascal versi 3.0 agar dapat digunakan oleh pascal 4.0 keatas, sama seperti unit Pascal3 unit ini pun tidak kita gunakan pada latihan kita ini sebab kita menggunakan PASCAL versi 5.5 yang lebih canggih dan lengkap.

Untuk Lebih jelasnya mengenai unit-unit ini silahkan anda buka Folder DOC yang ada pada Direktory TP. Atau bila Anda orang yang kreatif dan tidak cepat puas silahkan Anda mencari referensi-referensi dari situs atau media yang lainnya, Ini sangat saya anjurkan dan saya acungkan jempol bila Anda melakukan hal ini.

Sekarang kita lanjutkan mengenai pembahasan program perkenalan yang telah anda buat pertama kali.

var
x,y,z      :   longint;
lagi     :   char;
namak     :   string[20];

Pada bagian ini disebut VARIABLE , Semua bahasa pemrograman memerlukan variabel untuk mengetahui type atau jenis data yang digunakan oleh si programer. Pada contoh program pengenalan tersebut kita memberitahukan kepada PASCAL bahwa type atau jenis variabel yang kita gunakan untuk variable x,y, dan z bertype longint, variable lagi bertype char dan variable namak bertype String dengan panjang karakter sebanyak 20 string.

LANJUTAN

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s